55 Kata Kata Permohonan Maaf yang Indah dan Menyentuh Hati

Kata Kata Maaf yang Indah dan Menyentuh Hati - Maaf dan Memaafkan Dalam Al Qur'an ini sangatlah penting diketahui dan dilakukan oleh kita umat manusia, terutama kita sebagai umat Muslim. Manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan. Dan sebagai manusia yang bijak, sudah selayaknya ketika kita berbuat salah setelah kita menyadari kesalahan, kita meminta maaf kepada orang yang telah kita rugikan. Urusan meminta dan memberi maaf yang sulit ini tidak hanya terjadi antara seseorang dengan lingkungan sosialnya. Bahkan tak jarang seseorang sulit meminta dan memberi maaf kepada orang-orang terdekat yang hidup serumah sekalipun. Seorang anak sulit memaafkan orangtuanya, seorang suami enggan meminta maaf kepada istrinya, seorang adik tidak bisa melupakan kesalahan kakaknya.

Berikut ini kumpulan kata mutiara tentang maaf-memaafkan kesalahan.
Kata Kata Maaf yang Indah dan Menyentuh Hati
“Tak sadar Mulut ini berucap seperti pisau yang menyayat hatimu, Tak sadar raga ini melukai Ragamu, Tersadar diriku untuk selalu meminta maaf padamu, dengan tulus cinta dan kelemahan hati, juga janji untuk mencoba lebih baik dari sebelumnya dan menjaga ucapan dan raga ini untuk menyakitimu lagi, Terimalah Permintaan Maafku ini.”
” Bapak dan Ibu, Aku minta Maaf karena Kekasaran Ucapku, Kenakalan Tingkahku selama ini, yang membuat Bapak dan Ibu Merasa bersalah, dan merasa berdosa karena perbuatanku, Kali ini aku sadar, selama aku masih bisa melihat Bapak dan Ibu dirumah, aku akan menjaga dan berjanji selalu untuk menjadi kebangganmu, dan menuruti semua ucapmu.”
” Di sudut hatimu mungkin pernah terbesit pertyan konyol… apa tangan ini akan menggenggam tgnmu selamanya? apa bibir ini akan selalu tersenyum utkmu selamanya? atau pelukan ini akan selalu kuberikan pdmu selamanya? apa hati ini akan selalu mencintaimu? jika kau sudah mengetahui jawabannya… utk apa kau tanyakan? dan utk apa ku jwb? “
” Ku tak Pernah menuruti kemauanMu, Ku selalu menjalani LaranganMu, Ku tak peduli akan SiksaMU, Ku telah Lupa Karena KAMU lah yang memberikan kehidupan, ku tersadar kalau aku ini hanya makhluk yang tak berdaya, berbuat seakan penguasa alam, ku sudah merasakan takut padaMu, ku sudah mulai takut karena SiksaMU, ku ingin kembali Ke jalanMu, dan memperbaiki Kesalahanky Yang dulu PadaMU Ya ALLAH…”
” Teringat akan Kesalahanku yang lalu dan tak sengaja padamu, sehingga membuatmu menangis tersedu-sedu seakan hati ini teriris, Kurangkai kata sederhana untuk mendapatkan Permintaan Maafmu Yang tulus dan tak kan q ulangi lagi Kesalahan yang ke dua kali”
Adalah wajar jika manusia berbuat salah. Tapi itu bukan berarti bahwa setiap kesalahan bisa dibenarkan.
Agama menjadi sendi hidup, pengaruh menjadi penjaganya. Kalau tidak bersendi, runtuhlah hidup dan kalau tidak berpenjaga, binasalah hayat. Orang yang terhormat itu kehormatannya sendiri melarangnya berbuat jahat. -Pepatah Arab
Akan selalu terlihat salah oleh orang yang tidak bisa berbesar hati melihat benarnya orang lain.
Aku bisa memaafkan, tetapi tidak bisa melupakan,” merupakan satu-satunya cara untuk mengatakan, “Aku tidak mau memaafkan.” Memaafkan seperti sebuah kertas dengan dua muka–yang kemudian dibakar, sehingga tidak ia tidak bisa jika hanya menampilkan satu sisi saja.
Aku mudah merasakan,tp sulit menyatakan. Aku mudah mengharapkan,tp sulit melepaskan. Aku mudah memaafkan,tp sulit melupakan.
Begitu besar kesalahan saya hingga membuat orang yang paling penting dalam hidup saya menderita, dan menangis, hingga keluar amarah terbesar yang tidak pernah saya liat sebelumnya, apa yang seharusnya saya lakukan pada saat itu, hanya terdiamlah jawaban yang paling tepat.
Belajar dari setiap kesalahan dan kamu akan menjadi orang yang lebih baik. Ingatlah, Tuhan tidak pernah meninggalkanmu.
Berani mencoba, kamu mungkin akan salah. Tak berani mencoba, sudah pasti kamu kalah.
Berhenti merasa takut dari apa yang mungkin salah atau yang kamu pikir bisa benar. Jika positif, bertindak dan cari jawabannya.
Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi.
Besok aku mau ketemuan membahas masalah kita, semoga dengan akal sehat dan pikiran dingin kita bisa menyelesaikan masalah diantara kita.\
Cinta itu bukan suatu hal yg dapat kita definisikan. Cinta itu bukan seperti pengetahuan yang dapat kita jabarkan. tapi cinta adalah sesuatu yg hanya bisa kita rasakan, dan mungkin cinta telah membuat kita sakit, tetapi ingatlah kita pernah bahagia karena cinta…
Cinta itu mudah datang dan hilang. Apabila kita mencintai seseorang agar cinta kita makin besar, maka ingatlah sisi positif dari orang itu, dan apabila ingin menghilangkan cinta itu maka lihatlah sisi negatif dari orang itu”’tetapi rasa sayang dan menyayangi itu lebih dari cinta”
Dalam hidup,terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahwa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia
Dalam mencoba sesuatu yg baru, tak ada yg salah dengan rasa takutmu, karena yg terpenting, jangan biarkan kata menyerah ada di benakmu.
Dunia ini tidak ada yang sempurna, jadi sahabat aku mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahanku yang telah terjadi.
Hal termudah adalah mencari kesalahan org lain. Hal tersulit adalah mengakui kesalahan diri sendiri.
Hal tersulit dari kata MAAF adalah orang mulai berpikir bahwa hal yg paling menyakitkan sekalipun bisa diselesaikan dgn kata maaf.
Hampir semua orang bisa memaafkan & melupakan, namun terkadang kita tak ingin seseorang melupakan bahwa kita telah memaafkannya.
Hanya karena kamu tahu dia selalu memaafkanmu meski terus kamu sakiti, bukan berarti kamu terus menyakitinya. Dewasalah!
Hanya mereka yang kuat yang mampu mengucapkan kata maaf, namun bagi mereka yang mampu memaafkan adalah orang yang lebih kuat.
Hari ini bila ia datang, jangan biarkan ia berlalu pergi. Esok kalau ia masih bertandang, jangan harap ia akan datang kembali
Harta yang paling menguntungkan ialah SABAR. Teman yang paling akrab adalah AMAL. Pengawal peribadi yang paling waspada DIAM. Bahasa yang paling manis SENYUM. Dan ibadah yang paling indah tentunya KHUSYUK.
Hati akan menemukan kedamaiannya saat kita mampu memaafkan. Jadilah pribadi yang anggun diatas ketulusan.
Hati-hati dlm berkata, karena ketika melukai hati, dia mampu meninggalkan bekas luka yg bahkan kata maaf tak mampu menghapusnya.
Hidup memerlukan pengorbananan. Pengorbanan memerlukan perjuangan. Perjuangan memerlukan ketabahan.
Jadilah seperti yang kamu inginkan, kerna kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.
Jangan biarkan ketakutan akan kesalahan menghalangi semangat untuk menggali potensi diri.
Jangan hanya menunggu waktu yang tepat. Karena itu bukanlah hal yang utama, terkadang waktu yang salah bisa menjadi yang paling sempurna.
Jangan malu untuk meminta maaf. Jarang ragu untuk memberi maaf. MAAF dapat mendekatkan dua hati yang pernah terpisah.
Jangan membalas mereka yang menyakitimu, maafkan. Kata maaf darimu akan membuat mereka tak berdaya untuk menyakitimu lagi.
Jangan salah mengartikan perhatian seseorang. Karena mungkin memang dia adalah orang yang perhatian kepada semua orang.
Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan segalanya dengan benar, karena kadang kesalahan membuatmu pribadi yang lebih baik.
Jangan tertarik kepada seseorang kerna parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya kerna kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, kerna hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah.
Janganlah mencari kesalahan orang lain hanya untuk melemahkannya, karena kamupun belum tentu lebih baik darinya.
Jika kamu bangga punya hati yang BERANI tuk mengakui SALAH, maka aku bangga punya hati yang KUAT tuk memberi MAAF.
Jika kamu tak perbaiki apa yg salah ketika seseorang mengecewakanmu, dia tak akan pernah belajar bagaimana baiknya memperlakukanmu.
Kadang kamu memilih tuk sendiri, karena itu jauh lebih baik daripada berada dalam suatu hubungan yang salah.
Kadang lebih mudah memaafkan mereka yang berbuat salah daripada memaafkan mereka yang berkata benar. Kejujuran kadang menyakitkan.
Kalaulah anda tidak mampu untuk menggembirakan orang lain, janganlah pula anda menambah dukanya.
Kamu memaafkan seseorang bukan karena kamu lemah, tapi karena kamu cukup kuat tuk tahu bahwa tak ada yg sempurna, mereka bisa lakukan salah.
Kata MAAF tak dimaksudkan tuk melepaskan dirimu dari masalah, tapi dimaksudkan tuk mengakui bahwa kamu telah berbuat SALAH.
Kebanggan merupakan dasar yang kuat dari sikap kita yang tidak mau memaafkan, karena kebanggan bisa mencegah kita untuk memaafkan. Kebanggaan yang berlebihan seringkali merupakan karakteristik dari seseorang yang angkuh. Yaitu orang yang meyakini bahwa, “Saya jauh lebih unggul dari orang yang telah menyakiti saya. Saya tidak membutuhkannya. jadi, saya tidak perlu memaafkannya.
Kecewa pada org lain adalah hal wajar. Tapi jgn sampai kecewa terhadap diri sendiri. Untuk itu, maafkan diri sendiri agar kamu tak kecewa.
Kemampuan untuk memaafkan dan mencintai merupakan senjata Tuhan yang telah diberikan kepada kita agar bisa hidup sepenuhnya, dengan penuh keberanian, dan penuh arti di dunia yang fana ini.
Kesalahan yang paling buruk adalah terlalu sibuk mengamati dan mengurusi kesalahan orang lain.
Kesalahan yang terjadi, itu mungkin aku yang salah atau kamu yang salah, tapi tolong jangan biarkan itu mengkikis habis persahabatan kita. Sahabat aku akan lakukan apapun untuk memperbaiki kesalahan, itu besok ketemuan yuk!!
Kesalahan yg paling sering dilakukan adalah menganggap diri sendiri yang terbaik, padahal itu adalah kesalahan yang cukup besar.
Ketabahan memerlukan keyakinan. Keyakinan pula menentukan kejayaan. Kejayaan pula akan menentukan kebahagiaan.
Ketika aq salah, tolong ingatkan. Ketika aq sedih, tolong hibur aq dengan senyummu. Dan, ketika aq sendiri, tolong tetap temani aq untuk tetap merajut hari2 aq esok. Aq mau u serasa menjadi aq seutuhnya, merasakan apa yang aq rasa, & nyanyikan lagu cinta yang slalu ku senandungkan HANYA untukmu. Aq gila bila tanpa u sayang…!!
Ketika berbuat salah, jangan mencari alasan. Tetapi akui, perbaiki, dan upayakan untuk tidak mengulangi kesalahan itu.
Ketika berbuat salah, jangan mengeluh, jangan marah. Tetapi pelajari kesalahan, kemudian coba kembali dengan cara yang berbeda.
Ketika dia meninggalkanmu demi orang lain, jangan tangisi! Percaya bahwa itu hanya cara Tuhan menyelamatkanmu dari orang yg salah.
Ketika kamu mengatakan hal yang salah, melakukan hal yang salah, membuat pilihan yang salah, Tuhan selalu memaafkan dan menolongmu.
Ketika kamu terobsesi mengejar apa yg bukan untukmu, kamu akan selalu menemukan sesuatu yg salah dengan apa yg kamu miliki.
Ketika kenistaan dibalas dengan senyuman dan kekasaran balas dengan doa, itulah indahnya kesabaran dan memaafkan.
Ketika melakukan salah, hal yg harus kamu lakukan adalah: 1. Maafkan aku. 2. Ini salahku. 3. Apa yg bisa aku lakukan tuk memperbaikinya?
Ketika pasanganmu melakukan kesalahan, tak perlu memberitahu semua temanmu, karena bukan mereka yang akan memaafkan, tapi kamu.
Ketika rasa bersalah membelenggu kita, maka bicarakanlah dan biarkan ia pergi. Masa lalu telah berakhir. Inilah saat untuk bertanya apakah yang kita lakukan itu benar, bukan apakah yang kita lakukan itu salah. Maafkan diri kita sendiri dan teruslah maju. Milikilah keberanian untuk meminta pertolongan.
Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan.Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
Kita tidak dapat meneruskan hidup dengan baik jika tidak dapat melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.
Kuasai emosi ketika mengatasi masalah. Sikap kurang sabar akan membuat masalah semakin besar.
MAAF adalah kata sederhana yang bisa mengubah segala suasana. Tapi, jadilah pemberi maaf, bukan peminta maaf.
Maafkan mereka yg membencimu, jangan kau balas membenci mereka, karena itu adalah salah satu bentuk mencintai diri sendiri.
Maafkan semua kesalahan. Tetapi jangan lupakan kesalahan, agar kita bisa bercermin untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
Masa depan yang cerah berdasarkan pada masa lalu yang telah dilupakan. Kamu tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan kamu sampai kamu melupakan kegagalan kamu dan rasa sakit hati.
Memaafkan adalah balasan terbaik untuk sebuah kesalahan. Mungkin berat, tapi tidak untuk mereka yang punya niat.
Memaafkan adalah ciri dari kerendahan hati. Dalam kerendahan hati, terdapat kebesaran jiwa dan keberserahan.
Memaafkan adalah jalan tercepat untuk sampai pada ke-Maha Pengasih-an Tuhan.
Memaafkan bukan berarti kamu lemah, namun karena kamu kuat dan cukup dewasa tuk mengerti bahwa orang membuat kesalahan.
Memaafkan bukan berarti kamu lemah, namun karena kamu kuat dan cukup dewasa untuk mengerti bahwa orang membuat kesalahan.
Memaafkan bukan berarti menghapus masa lalu yang terasa pahit. Sebuah kenangan yang sehat bukanlah kenangan yang dihapus. tetapi, memaafkan apa yang tidak bisa kita lupakan mampu menciptakan sebuah jalan baru untuk mengingat. Kita mengubah kenangan masa lalu menjadi sebuah harapan di masa depan.
Memberikan maaf merupakan sebuah keputusan dan perubahan nyata di dalam pengalaman emosi. Perubahan dalam emosi sangat berhubungan dengan mental yang lebih baik dan kesehatan fisik.
Memilih cinta jangan pernah berpikir kenapa kita mencintainya? karena didunia ini kita bukan mencari orang yang sempurna untuk dicintai. Tetapi orang yg tidak sempurna juga bisa menjadi sempurna bila kita mencintainya dengan cinta yang sempurna!!!!!
Meminta maaf atas kesalahan bukanlah hal yang hina, tetapi itu adalah tindakan nyata seorang pemberani.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga sikap dan tutur kata kita lebih baik daripada meminta maaf.
Mengalami kesalahan itu wajar. Maafkan diri sendiri, dan ayo evaluasi diri untuk memperbaiki diri.
Orang Bijak adalah orang yang menyadari kesalahannya, berani mengakuinya, mau memperbaikinya dan mau belajar darinya.
Orang yang tidak pernah melakukan salah adalah orang yang tidak pernah melakukan apa-apa. Jangan takut mencoba!
Orang-orang bisa mengatakan apa saja ttg dirimu, tp km yg menentukan perkataan mereka benar atau salah.
Org yg salah: melukis air matamu & mengajarkan ttg rasa sakit. Org yg tepat: melukis senyumanmu & memberikan ketenangan.
Pengampunan adalah kunci yang dapat membuka pintu kekesalan dan borgol kebencian. Ia merupakan kekuatan yang bisa memutuskan rantai belenggu kepahitan dan mementingkan diri sendiri.
Salah satu cara agar bisa ikhlas adalah dengan cara menganggap apapun yg dikerjakan bukan sebuah beban, tapi kesenangan.
Salah satu cara terbaik tuk menghindari rasa kecewa adalah dengan tak terlalu berharap apapun dari siapapun.
Sampan tidak akan dapat belayar di padang pasir betapa pun jua empuknya pasir itu -Pepatah Arab
Saya percaya, esok sudah tidak boleh mengubah apa yang berlaku hari ini, tetapi hari ini masih boleh mengubah apa yang akan terjadi pada hari esok.
Seakan mulut ini tak bisa mengucapkan kata minta maaf yang tepat untukmu, teringat kesalahan yang sudah terlalu besar, dan begitu banyak pula ucapan maaf yang ku berikan, tetapi tetap saja aku merasa bersalah dan melakukan kesalahan karena tingkahku yang bodoh ini.
Semangatlah menjalani hari ini, jangan risaukan kesalahan kemarin, cukup jadikan itu sebagai pelajaran agar tidak terulang kembali.
Tak perlu bersusah payah untuk membalas dendam, cukup maafkan setiap kesalahan. Karena memaafkan adalah pembalasan yang terbaik.
Terkadang memberi maaf adalah hal sulit, tetapi betapa kejamnya kita jika tidak mau memaafkan orang yg telah tulus meminta maaf.
Terkadang, kamu berusaha menghindari sesuatu, bukan berarti kamu membencinya. Kamu menginginkannya tapi kamu tahu bahwa itu salah.
Terkadang, memaafkan seseorang yang telah menyakiti adalah hal sulit, tetapi dengan kasih sayang kamu bisa memaafkan dengan mudah.
Tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi bukan berarti kita diijinkan untuk selalu salah. Upayakan yang terbaik.
Wanita yang cantik tanpa peribadi yang mulia ,umpama kaca mata yang bersinar-bersinar, tetapi tidak melihat apa-apa

Demikian tadi adalah beberapa kumpulan Kata Kata Permohonan Maaf yang Indah dan Menyentuh Hati yang saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet. Semoga dengan beberapa Kata Kata Mutiara Minta Maaf tadi semua salah kita terhadap seseorang akan segera dimaafkan. Salam dan selamat membaca Kata Kata Mutiara Minta Maaf.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 55 Kata Kata Permohonan Maaf yang Indah dan Menyentuh Hati